RISTEK-MTIC AWARD adalah suatu penghargaan yang diberikan oleh Martha Tilaar Innovation Center bekerjasama dengan Kementerian Riset dan Teknologi

KOMPETISI RISTEK – MTIC AWARD

TEMA :
RISET BAHAN ALAM BERBASIS KONSEP RAMAH LINGKUNGAN
UNTUK KECANTIKAN DAN KESEHATAN

AWARD DI BIDANG BAHAN ALAM UNTUK KECANTIKAN

 

1. Apa itu RISTEK-MTIC AWARD ?

RISTEK-MTIC AWARD adalah suatu penghargaan yang diberikan oleh Martha Tilaar Innovation Center bekerjasama dengan Kementerian Riset dan Teknologi dalam upaya memotivasi para peneliti agar dapat memadukan indigenous knowledge (pengetahuan leluhur), teknologi, sumber daya alam Indonesia dan consumer insight dalam kegiatan penelitiannya dan meningkatkan kesadaran konsumen dalam pemanfaatan kekayaan alam Indonesia khususnya di bidang kesehatan, obat-obatan dan kecantikan.

2. Mengapa RISTEK-MTIC AWARD diperlukan ?

Di satu pihak, kebanyakan industri terlalu sibuk dengan masalah komersialisasi, umumnya menghindari Riset dan Pengembangan, terutama Riset, karena harus menginvestasi biaya yang sangat tinggi, sehingga tidak memiliki sarana dan prasarana penelitian yang memadai. Pada akhirnya kebanyakan produk yang dihasilkannya bukanlah hasil dari satu penelitian.

Sementara di pihak lain, peneliti dari perguruan tinggi atau dari lembaga-lembaga penelitian yang memiliki fasilitas yang cukup baik, tidak memahami keinginan konsumen dan kurang berorientasi ke pasar sehingga penelitian mereka kurang pragmatik atau tidak sejalan dengan kebutuhan konsumen. Biasanya penelitian mereka berhenti pada skala laboratorium dan tidak ditindak lanjuti menjadi skala produksi .

Untuk menjembatani hal tersebut, Martha Tilaar Innovation Centre (MTIC) bekerjasama dengan Kementerian Riset dan Teknologi mengadakan kompetisi RISTEK - MTIC AWARD.

3. Kapan RISTEK-MTIC Award pertama kali diadakan?

Kompetisi ini diadakan pertama kali pada tahun 2007 dan diikuti oleh 66 peserta untuk kategori peneliti dan 482 peserta untuk kategori konsumen. Pada tahun 2008, diadakan “Seminar Intensif Dalam Teknologi Kosmetika” sebagai lanjutan dari kegiatan RISTEK-MTIC Award. Acara yang dihadiri oleh lebih dari 100 peneliti ini bertujuan untuk membekali para peneliti agar dapat meningkatkan pengetahuan tentang tren-tren teknologi yang lebih berorientasi pada komersialisasi

4. Apa Tujuan dan sasaran dari RISTEK-MTIC Award 2012?

Bertema: ‘Riset bahan alam berbasis konsep ramah lingkungan untuk kecantikan dan kesehatan’, RISTEK-MTIC Award 2012 bertujuan untuk meningkatkan kerjasama antara pihak industri dengan akademi/institusi dan pemerintah, memperdalam pengetahuan dan pemanfaatan akan kekayaan tanaman Indonesia, memberi dukungan dan penghargaan kepada para peneliti Indonesia dan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap konsep ramah lingkungan untuk pelestarian lingkungan.

Pengalaman Martha Tilaar Innovation Centre (MTIC) dalam hal manufacturing, teknologi, consumer insight, dan branding yang berpedoman pada ISO 9001 san ISO 14000 diharapkan dapat lebih memperkaya kolaborasi dengan perguruan tinggi atau lembaga-lembaga penelitian untuk menciptakan suatu inovasi yang pada gilirannya dapat meningkatkan daya saing dan memuaskan pelanggan secara berkesinambungan.

5. Apa saja ruang lingkup penelitian dalam RISTEK-MTIC Award 2012?

Ekstraksi, isolasi, identifikasi dan uji khasiat bahan alam yang memiliki potensi manfaat kecantikan dan kesehatan berbasis konsep ramah lingkungan